Jumat, 13 Mei 2011

| by Diposting oleh Randy ferdiyansyah

0

Bapak Bom Atom

Niels Hendrik David Born, lahir di Copenhagen, Denmaark pada tahun 1885. ia lahir dari keluarga ilmuan dan bangsawan Denmark. Ayahnya adalah guru besar di Universitas Copenhagen. Dan ibunya sangat terpandang di dunia perbankan. Sejak kecil pun, Born telah menujukan dirinya sebagai anak yang cerdas. Ia suka sekali membaca buku-buku ilmiah.

            Setelah lulus dari sekolah, ia masuk Univrsitas Copenhagen.dan sewaktu menjadi mahasiswa di situ, Born mulai mendapatkan penghargaan yang petaman yaitu medali emas dari lembaga ilmu pengetahuan Copenhage untuk penemukan tentang tegangan permukaan air. Ketika umurnya menginjak 26 tahun gelar Doktor pun berhasil diraihnya.

            Tahun 1912, Bohr pergi ke inggris untuk mempelajari tentang atom pada jj Thomson di Laboratorium Cavendish. Kemudian belajar lagi pada Rutherford di Universitas Manchester. Kebetulan sekali kelompok Rutheford itu baru saja menemukan percobaan baru tentang atom. Sehingga Bohr bisa belajar lebih banyak lagi tentang atom.

            Ternyata Niels Bohr bukan Cuma menemukan begitu sajah tentang teori atom itu. Ia juga mencoba menemukan teori-teori baru tentang atom. Berkat usaha dan ketekunannya itu, pada tahun 1922, di saat umurnya yang ke-37 ia mendapat hadiah Nobel untuk bidang fisika karena teori atomnya yang lain dari pada yang lain.

            Bohr lalu mulai mengarang buku-buku tentang atom. Buku-uku itu seperti teori dan struktur atom. Teori atom dan fisika atom. Buku-buku itu segera laris di pasaran dan dijadikan buku pegangan untuk para mahasiswa fisika waktu itu ternyata mampu mengalahkan teori Albert Einstein tentang Atom.

            sejak itu, Bohr jadi sering pergi keluar negeri untuk menjelaskan tentang teori-teorinya itu. Ia jadi sering pergi ke Amerika Serikat kemudia kmbali lagi ke inggris sampai memutuskan untuk pulang ke negaranya sendiri, Denmark. Born lalu tinggal di Copenhagen menjadi guru besar di Universitas Copenhagen.

            KETIKA pecah perang Dunia II dan tentara jerman mulai mengancam diri Bohr. Niels Bohr, dikenal sebagai orang yang Nazi dan Hitler. Tahun 1943, Bohr lalu melarikan diri ke swedia. Dari sana ia lari ke Inggris sampai akhirnya pergi lagi ke Amerika. Dan di Amerika iilah Bohr lalu membantu Negara itu membuat BOM ATOM.

            Ketika Bohr tahu bahwa bom itu akandigunakan untuk memusnahkan manusia ia menjadi khawatir. Born lalu mendesak para pemimpin dunia untuk mencegah terjadinya peperangan tetapi usahanya tidak berhasil. Dan Bom Atom yang pertama di dunia itu pun lalu di jatuhkan di kota Hirosima dan Nagasaki, Jepang.

            Karena kecewa, setelah perang usai Bohr kembali ke Denmark sampai akhirnya ia meninggal di Copenhagen pada tahun 1962.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar