Sabtu, 14 Mei 2011

| by Diposting oleh Randy ferdiyansyah

0

Penememu Telepon



            Alexander Graham Bell lahir pada tanggal 3 maret 1847 di Ediburg, Scotland. Bell berasal dari keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang psikoloq dan elocation bernama Alexander Melville Bell, sedangkan kakeknya Alexander Bel merupakan seorang professor Elucution.

            Setelah menyelesaikan kuliah di University OF Edinburg dan University College di London, Bell memutuskan menjadi asisten ayahnya. Dia membantu orang-orang yang cacat pendengaran untuk belajar berbicara dengan metode yang telah diterapkan oleh ayahnya yaitu dengan memperhatikan posisi bibir dan lidah lawan bicara.

            Pada saat dia tinggal di london, Bell sempat elajar tentang percobaan yang dilakukan oleh Herman Ludwig Von Helmholtz berupa tuning fork dan magnet yang bisa menghasilkan bunyi yang terdengar nyaring. Kemudian baru pada tahun 1865 Bell mempelajari lebih mendalam tentang suara yang keluar dari mulut saat berbicara.

            Bell semankin tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan bunyi-bunyian, maka dia nggak keberatan ketika harus mengajar di Sarah Fuller Boston yang merupakan skolah khusus orang-orang tuli pada tahun 1870, selain itu Bell juga berkerja sebagai guru privat. Dan ketika dirinya di angkat menjadi guru besar psikologi di Boston University pada tahun 1878.

Bell mengadakan suatu pertemuan buat para guru yang menangani masal murid-murid yang mengalami cacat pendengaran. Hampir seluruh hidupnya Bell menghabiskan waktunya untuk mengurusi masalah pendidikan orang-orang cacat pendengaran kemudian dirinya mendirikan American Association to Promote the Theahing of Speech to the Deaf.

Bell mulai melakukan penelitian dengan menggunakan phonatograph, multiple dan electric speaking telegraph dari tahun 1873 sampai 1976 yang dibiayai oleh dua orang ayah dari muridnya. Salah satu penyadang dananya adalah Gardiner Hubbad yang mempunyai seorang putri yang telinganya tuli bernama Mabel, wamita inilah yang dikemudian hari menjadi istri Bell.

Di kemudian hari Bell mengukapkan keinginanya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Bell pun mengajak temanya Thomas Watson buat membantu menyediakan perlengkapan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan, peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 juni 1875.

Akhirnya tercipta karya Bell sebuah pesawat penerima relepon dan pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasangkan di depan electromagnet. Baru pada tanggal 14 Febuari 1876 Bell memantenkan hasil penemuanya, tapi oleh US Patent Office penemuan Bell ini baru Resmi Dipatenkan pada tanggal 7 mater untuk “electric speaking telephone”.
Bell terus memperbarui penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi “Watson, come here, I want you” pada tanggal 10 maret.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar