Minggu, 08 Mei 2011

| by Diposting oleh Randy ferdiyansyah

0

Triceratops


Triceratops adalah ceratopsida terbesar. Di belakang kepalanya ia memiliki sebuah jumbai bertulang yang besar, lebarnya 2 meter dengan sebuah tepian berhias, di mana tengkoraknya memiliki tiga tanduk: dua di puncaknya dan satu di atas hidungnya. Ia mungkin menggunakan tanduk-tanduknya untuk mempertahankan dirinya melawan pemangsa-pemangsa tetapi juga ketika mereka bertarung melawan pejantan-pejantan lain. Jumbai bertulang tidak hanya melindungi punggung dan lehernya tetapi juga memberikan sebuah pelekatan yang luar biasa untuk otot-otot pengunyahan yang kuat; beberapa ilmuwan percaya bahwa jumbai ini mungkin telah berwarna terang untuk menarik para betina. Moncongnya berujung di sebuah paruh mirip burung beo yang memampukan ia untuk memotong tumbuh-tumbuhan yang keras; rahang-rahangnya sendiri terbarisi rapat dengan gigi-gigi untuk mengunyah. Ia memiliki sebuah tubuh besar dan kaki-kaki yang sangat kuat untuk menyokong beratnya saat berlari tetapi, berdasarkan ukurannya, diperkirakan bahwa Triceratops tidak dapat telah menjadi seekor pelari cepat.

Triceratops berada di antara dinosaurus-dinosaurus yang memiliki kepala-kepala terbesar. Sisa-sisa fosil dari tengkorak-tengkorak sepanjang 2,3 meter telah ditemukan! Selain jumbai bertulang, yang berguna untuk melekatkan otot-otot pengunyahan yang kuat, ia juga memiliki sebuah tanduk di atas hidung yang kuat dan di atas dua matanya, dua tanduk tajam yang dapat menjadi sepanjang 1 meter.

Triceratops hidup di dalam kawanan-kawanan dan berpindah melewati jarak-jarak yang jauh. Jika mereka harus menyeberangi sebuah sungai pada perjalanan mereka, banyak hewan mati tenggelam bersama-sama. Endapan-endapan berlumpur pada sebuah sungai besar cocok untuk fosilisasi yang merupakan penyebab mengapa banyak kerangka-kerangka Triceratops yang terfosilkan ditemukan dekat satu dengan yang lainnya.

Triceratops mirip dengan badak sekarang. Bahkan cara hidup mereka mungkin sangat mirip. Ketika terancam oleh seekor pemangsa, Triceratops akan mempertahankan dirinya dengan menyerang seperti seekor badak akan lakukan zaman sekarang. Triceratops hidup di dalam kawanan-kawanan yang sangat besar dan, jika ada bahaya, para dewasa akan menempatkan diri mereka di sebuah lingkaran dengan tanduk-tanduk mereka mengarah ke luar, dengan demikian melindungi anak-anak mereka di tengah.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar